Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi adalah hasil rekayasa manusia yang tidak terbatas dengan tujuan penyampaian informasi dari pengirim ke penerima. Di antara sekian banyak disiplin ilmu, boleh dikatakan bahwa bidang ilmu teknlogi informasi (TI) dan telekomunikasi merupakan salah satu bidang ilmu yang paling cepat berkembang. Hal ini karena bidang ilmu TI sebagai badang ilmu terapan dipacu oleh riset yang intensif.

Di tinjau dari segi otologis (apa yang dipelajari), ilmu TI merupakan cabang ilmu yang mempelajari teori maupun penerapan teknik digital, untuk direalisasikan dalam bentuk perangkat lunak. Sedangakan bila ditinjau dari segi epitemologis (bagai mana mengembangkan ilmu ini) digunakan pendekatan dektuktif dan induktif dari disiplin ilmu matemtaika,fisika, dan hasil laboatorium.

Dari segi axologi (kegunaan) ilmu TI ade saat ini benar-benar di rasakan kegunaanya untuk meningkatkan efesiensi dan kapasitas pelayanan kita kepada para pelanggan. Terlebih lagi, TI telah berubah menjadi infrastuktur may, yang melengkapi infrastuktur fisik, sehingga bisa membatasi hambatan ruang dan waktu dari kegiatan manusia. Pendek kata, TI telah mempermudah hampir seluruh bidang kehidupan, mulai  dari administrasi perkantoran, rancang-bangun, pembayran rekening, perbankan, sampai hiburan, pendidikan, dan sebaginya. Semua mendapatkan manfaat dari TI

Mengingat hal itu maka dibutuhkan tenaga propesional TI dalam jumlah yang sangat besar. Akibatnya, pendidikan TI merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Persoalanya, dari satu sisi TI maju dengan pesat; sedangkan dunia pendidikan terseok-seok mengajarkanya, baik sisi kurikulum maupun ketersediaan pengajar dan fasilitas penelitian.

Pada saat ini memang kemajuan TI dipacu oleh riset dan perkembangan kalangan industri, baik industi perangkat keras maupun perangkat lunak. Sedangkan kalangan pendidikan lebih berperan sebagai pemakai. Tentu saja tidak sedikit kalangan pendidik yang berperan serta dalam penelitian yang di laksanakan.

Teknologi informasi merupakan suatu bidang yang menangani pengolahan data menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan sehingga yang siap saji. Seperti Informasi umum (public information) dan Informasi lokal (local information). Sebagai contoh informasi umum, seperti penggunaan internet, untuk melihat dan mengambil informasi seperti berita, cuaca dan sebagainya. Lokal informasi, seperti jaringan lokal didalam perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan dan mengirim informasi yang sifatnya rahasia dan diberikan hanya kepada yang membutuhkan. Perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika (telematika) saat ini sangat pesat sekali. Perkembangan teknologi tersebut telah menciptakan suatu revolusi yang disebut dengan revolusi informasi, dunia sekarang terikat menjadi satu oleh sistem elektronik yang menyalurkan berita dan data dengan kecepatan cahaya ke seluruh tempat di dunia ini. Revolusi informasi yang merupakan gabungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah sumber kekayaan tidak lagi berupa materi-seperti pada revolusi industri- tetapi berupa informasi, pengetahuan yang diterapkan pada pekerjaan untuk menciptakan suatu nilai. Siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia.

Kemajuan teknologi ternyata membawa dampak, baik positif maupun negatif. Tergantun bagaimana seseorang memakai teknologi tersebut. Dampak positif dari teknologi di ambil dari sebagian sisi adalah hadirnya komunikasi extra cepat bahkan sampai hitungan detik dan jangkauanya pun sampai seluruh dunia. Teknologi informasi tidak hanya dilihat dari sisi positif ada juga dampak negative misalnya terjadi monopoli, persaingan bebas, dan sebagainya.

Jenis-jenis teknologi dan penerapanya sangatlah banyak, misalnya di bidang komunikasi. Contohya : tv, computer, hp, radio, dan masih banyak lagi. Penerapan teknologi informasi lebih banyak pada sistim komunikasi. Tercapai atau tidaknya tergantung pada alat yang kita gunakan salah satu bentuknya adalah Komputer.

Komputer adalah alat dimana alat itu berfungsi sebagai alat komunikasi, pengolahan angka dan huruf, penyimpan data dan sebagainya.komputer terdiri dari Hardware, Software dan Brainware. (lihat gambar 1)

INPUT DEVICE OUTPUT DEVICE CPU
×          Keyboard

×          Mouse

×          Modem

×          Scanner

×          Camera

×          Microphone

×          Barcode

×          Monitor

–          CRT

–          LCD

–          Resolution

×          Speaker

×          Modem

×          TV

×          CadCam

×          Printer

–          Dot Matrik

–          Ink Jet

–          Laser

–          Ploter

×          Processor

×          Memory

×          Harddisk

×          CD/DVD

×          Floppy

×          Flash

×          VGA

×          Motherboard

Perihal adekrama
World is Easy and Simple

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: