Daftar Instilah Dalam Motherboad (Mainboard)

Skema Mainboard

BUS :

Sebuah ungkapan yang melambangkan jalur utama aliran data antara processor ke komponen lainya seperti memori, kartu grafis, kartu suara pada motherboard.

BIOS :

Singkatan dari basic input/output system, yaitu kumpulan informasi sebuah dari sebuah motherboard berupa software yang berisi perintah-perintah dasar. BIOS berfungsi sebagai sarana komunikasi antara system operasi dan hard ware yang terdapat pada motherboard.

CMOS  :

Complementary Metal Oxide Semikonduktor pada motherboard merupakan IC atau chip yang menampung informasi BIOS. Soft ware bios bisad di akses pada set up CMOS pada saat PC melakukan booting.

Chipset :

Adalah chip yang menjadi jembatan aliran data antara sub system sebuah PC, mengaliran aliran data tersebut dan meentukan peranti apa saja yang didukung oleh motherboard tersebut.

FSB :

Front Side Bus yaitu kecepatan bus dari sistem pada motherboard.

CLOCK SPEED :

Mengacu pada kecepatan pada sebuah processor. Biasnya menunjukan kecepatran external dari processor tersebut.

CLOCK RATIO :

Sebuah nilai yang dikalika dengfa FSB akan menghasilkan angka clock speed bagi processor.

SLOT :

Tempat menancapkan komponen tambahan ada beberapa slot contonya ISA, PCI, dan AGP.

SLOT MEMORY :

Slot khusus bagi memori utama, ada dua jenis slot memori tergantung pada motherboard yang di gunakan. Contohnya DIMM(dual in line memori module),SDRAM(synchronous dynamic random acsess memory),DIMM SDRAM, DDR(double data rate) SDRAM,.

SOCKET :

Istilah ini biasanya menunjuk pada bagia motherboard tempat untukmenancapkan processor.

ISA :

Sebuah sistim BUS yang di kembangkan oleh IBM untuk menghubungkan komponen I/O ke motherboard. BUS ISA memiliki lebar bandwidth data 16 bit dengan kecepatan 16MHz.

PCI :

Peripherial Component Interconnect, bus ini merupakan peningkatan dari bus ISA. Mampu bekerja pada bandwidth data 31-bit dan berkecepatan 33MHz.

AGP :

Pertama kali dikembangkan oleh intel, Acclerated Grafic Port memiliki keunggulan dengan hubungan langsung dengan CPU dan mrmori utama ada AGP 1X,2X,4 dan AGP pro sanggup mentransfer data sampai 1,6 Gigabyte/detik.

Hardisk Interfaces :

Konektor yang menghubungkan motherboard ke harddisk. Ada dua macam interface hardisk IDE ATA dan SCSI, kebanyakan  motherboard hanya menggunakan interface IDE ATA, dengan lebar bandwidth sampai 100 MB/detik. Untuk interface SCSI biasanya menggunakan kartu tambahan yang di tancapkan pada slot PCI. Beberapa motherboard menawarkan interface IDE RAID (Reudundat Array Independent Disk) yang mampu memberikan kinerja lebih tinggi dibanding dengan IDE ATA biasa.

I/O port :

Port komunikasi motherboard dengan peranti I/O. motherboard modern selain memiliki port komunikasi juga memiliki  port USB PS/2 untuk mouse dan keyboard, serta port USB (Universal Serial Bus)  untuk menggabungkan PC dengan peranti eksternal seperti scanner, printer, kamera, dan lain-lain.

Intergrated Audio Port :

Sudah merupakan kelengkapan standar dari sebuah motherboard. Saat ini standar port audio terintergrasi mengacu pada standar audio codec (AC)97.

Perihal adekrama
World is Easy and Simple

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: